Manfaat Melakukan Vacum pada AC

Sejak Januari 2015 pemerintah Indonesia secara resmi telah melarang memproduksi, mengimpor atau menjual produk yang menggunakan Freon Jenis R-22 karena dianggap freon R-22 dianggap sebagai Bahan Perusak Ozon (BPO). Sebagai pengganti jenis Freon R-22, secara umum AC yang  beredar di pasar Indonesia menggunakan freon R-410A dan R-32 yang notabennya lebih ramah lingkungan.

Oli Kompresor yang menggunakan freon R-32 dan R-410A sangat sensitif terhadap uap air, maka pemasangan AC dengan Freon R32 dan R-410A, pipa HARUS di vacuum dahulu sekurang-kurangnya 10-15 menit, hal ini untuk menjaga agar tidak ada sedikitpun debu atau uap air yang menempel pada dinding dalam pipa tembaga.

jakarta-service-ac-vacum

Manfaat Melakukan Vacum pada AC Tipe Freon R-410A dan R-32

1. Menjamin Freon bebas dari kandungan uap air pada sistem refrigasi.
2. Mencegah tersumbatnya sistem refrigasi yang dapat mengakibatkan perfoma AC berkurang dan merusak komperesor AC.

Akibat Tidak Melakukan Vacum pada AC Tipe Freon R-410A dan R-32

1. Freon beresiko tercampur dengan uap air yang akan menyebabkan freon tidak dapat dikompresi, sehingga suara kompresor akan menjadi lebih kasar, dan menurunkan kinerja AC.
2. Uap air akan mengakibatkan korosi pada pipa tembaga dan menyebabkan kebocoran.
3. Uap air dan oli yang tercampur akan mengakibatkan penggumpalan dimana oli tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan mengakibatkan pada rusaknya kompresor AC.

Jakarta-Service-AC.com

 

Leave a Comment