Cara Menghitung Kapasitas BTU/PK AC

Bingung memilih berapa sih kebutuhan BTU/PK AC untuk ruangan kamar atau ruangan tamu kita ? Pengalaman tersebut tentu-nya dialami sebagian dari kita yang belum tahu cara menghitung kebutuhan AC. Jakarta-Service-AC.com mencoba membagi tips sederhana cara menghitung kebutuhan kapasitas AC.

Heat Gain atau Heat Load diukur dengan British Thermal Units (BTU) atau Kilowatts (KW), dimana 1 KW setara dengan 3412 BTUs.
Ukuran AC yang dikenal umum di masyarakat Indonesia biasanya dalam PK. PK adalah singkatan dari bahasa Belanda “Paardenkracht” yang artinya tenaga kuda, atau bahasa Inggrisnya adalah HP (horse power). Di Indonesia Orang sering menyebut kekuatan AC itu dengan PK, sebenarnya yang diperlukan adalah satuan input dan output : input nya berapa Watt dan outputnya berapa BTU/hour.

Bagi yang ingin mencari AC untuk ruangan kamar, ruangan tamu ataupun kantor, berikut ini rumus sederhana untuk menentukan kebutuhan BTU AC : Panjang Ruangan (m) x Lebar Ruangan (m)  x 500

Lalu hasilnya cocokkan dengan kapasitas AC berdasarkan BTU berikut:
AC ½ PK = ±5.000 BTU/h
AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
AC 2 PK = ±18.000 BTU/h

Contoh Perhitungan:
Ruangan kamar berukuran panjang 5 m, lebar 3 dan tinggi standar 3 m. Maka hasil perkaliannya menjadi 5 x 3 x 500 = 7500.
angka tersebut berada diantara 7000 (¾ PK ) dan 9000 (1 PK),  Sebagai saran, sebaiknya digunakan AC berukuran 1 PK agar kerja AC tidak terlalu berat, karena bila yang digunakan AC ¾ PK, berarti AC harus bekerja lebih berat agar dapat menyesuaikan dengan ukuran ruangan.

Kebutuhan BTU = (L x W x H x I x E) / 60

L = Panjang Ruang (dalam feet)
W = Lebar Ruang (dalam feet)
I = Nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain);  Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas)
H = Tinggi Ruang (dalam feet)
E = Nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara; Nilai 17 jika menghadap timur;  Nilai 18 jika menghadap selatan;  dan Nilai 20 jika menghadap barat.
1 Meter = 3,28 Feet

Contoh Perhitungan:
Ruang berukuran 5m x 5m atau (16 kaki x 16 kaki), tinggi ruangan 3m (10 kaki) berinsulasi (berhimpit dgn ruangan lain), dinding panjang menghadap ke timur. Kebutuhan BTU = (16 x 16 x 10 x 10 x 17) / 60 = 7.253 BTU alias cukup dengan AC ¾ PK.

Lalu apa sebenarnya BTU itu?

BTU adalah singkatan dari British Thermal Unit yaitu merupakan satuan energi yang digunakan di Amerika Serikat yang biasanya di definisikan per jam, menjadi satuan BTU/hour. Satuan ini juga masih sering dijumpai di Britania Raya pada sistem pemanas dan pendingin lama. Sekarang ini satuan ini mulai digantikan dengan satuan energi dari unit SI, yaitu Joule (J).

1 BTU/hour adalah energi yang dibutuhkan untuk memanaskan atau mendinginkan air sebanyak 1 galon air (1 pound – sekitar 454 gram) agar temperaturnya naik atau turun sebesar 1 derajat fahrenheit dalam 1 jam. Hubungannya dengan AC, BTU menyatakan kemampuan mengurangi panas / mendinginkan ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama satu jam.

Untuk informasi lebih lanjut, penawaran harga, pemesanan AC, pemasangan maupun service maintenance dapat menghubungi call center Jakarta-Service-AC.com 0877 8550 9888 / 021 225 222 68.

Leave a Comment